Sabtu, 10 Desember 2011

Diablo III : The Heaven Shall Tremble [PREVIEW]


Setelah mengenal Game DIABLO series, tentu Gamers akan bertanya "seperti apakah diablo 3 nantinya ?" (terutama yang belum pernah main Diablo). 

Hampir 10 tahun Diablo tertidur dari nama kebesarannya, saat ini Diablo III yang menjadi hot-topic setelah Starcraft 2 merupakan salah satu game yang akan menjadi pilihan nominasi “best game of the years” untuk tahun mendatang saat dirilis nantinya. 

Dalam proses final, kini Diablo III sudah mengumumkan karakter heroes yang bisa digunakan oleh para player nantinya. Terpilih 5 playable character secara bertahap serta melalui uji sampling saat developer memutuskan untuk membuatnya. Mereka adalah Barbarian, Witch Doctor (pengganti Necromancer), Wizard (pengganti Sorcerer), Monk (pengganti Paladin), Demon Hunter (pengganti Amazon). 

ari sekian uji sampling karakter, Blizzard sempat bersitegang dengan para fans Diablo II yang ingin salah satu karakter kegemaran mereka, Necromancer kembali ditampilkan di Diablo III, gara-gara hal tersebut Blizzard sempat memberikan statement yang mengharuskan agar para Necro-freaks tidak kecewa, alhasil jangan kaget jika skill-skill yang dimilik Witch Doctor tidak berbeda jauh dengan skill yang dimiliki oleh Necromancer. Karakter yang ditawarkan kini juga memiliki penambahan genre pada setiap class, fitur ini sebenarnya bukan hal baru untuk game-game RPG kebanyakan. Tentunya dalam Diablo III para gamer mendapatkan 1 point plus untuk mengkreasikan karakter yang akan digunakan nantinya.

Setting dunia yang akan dijelajahi merupakan remake ulang, dimana kita akan diajak kembali bernostalgia dengan kota Tristram (dunia Diablo I) menelusuri dungeon-dungeon serta cathedral yang sempat menjadi jalan menuju sarang Diablo. Untuk sistem open world apakah akan diimplementasikan atau tidak, masih belum diketahui (atau mungkin masih menggunakan sistem world Diablo II, yang masih menggunakan link-map), saya sangat mengharapkan sistem open world layaknya game-game RPG masa sekarang, jadi player bisa bebas dalam berpetualang atau menyelesaikan questnya masing-masing.

Hal ini dikarenakan sistem world Diablo II hanya di fokuskan dalam satu area saja, walau ditutupi dengan adanya random map, para player akan cepat bosan untuk menjalankan leveling jika dilakukan berulang-ulang ditempat yang sama. Perubahan besar-besaran juga dikemukakan Blizzard, lewat empunya si Rob Pardo, Diablo III kini memiliki sistem gameplay yang jauh lebih baik, beberapa yang kita kenal memang tidak asing dimata kita, seperti Artisan, layakanya Blacksmith yang mampu membantu setiap heroes dalam upgrade, crafting atau build recipe item.

Sistem enviroment juga dikerjakan dengan baik oleh Blizzard, sehingga para player mampu memanfaatkan enviroment sekitar untuk mengahancurkan, menjebak atau menahan musuh saat mereka menyerang. Sistem animasi atau motion setiap pergerakan objek entah itu lingkungan, monster, karakter, NPC juga ditata secara apik, player mampu mengahancurkan musuh dengan dead-animation effect yang berbeda beda, seperti terlempar, tubuh hangus, pecah berantakan, dan sebagainya. motion ini juga berlaku terhadap karakter yang kita mainkan, bisa kita lihat dalam teaser awal gameplay dimana saat Barbarian tewas dicabik-cabik Boss sehingga terkesan cruel-animation tapi sangat menarik untuk dilihat. (pendeknya kaya finishing strike-lah)

Setting skill masih menggunakan type Diablo II, dimana karakter dapat memilih 3 major skill yang setiap major skill memiliki kemampuan paralel yang berbeda-beda, tergantung sesuai building karakter yang ingin kamu prioritaskan. Untuk pengembangan karakter ability sudah cukup signifikan, misalnya Barbarian sudah memiliki skill yang cukup mematikan ketimbang skill Barbarian yang ada di Diablo II, walaupun masih ada skill orisinil (seperti Leap, Leap attack, Whirlwind) yang diimplementasikan di Diablo III, tidak menutup kemungkinan bahwa pengguna Barbarian akan lebih garang dalam bermain.



KARAKTER HEROES

BARBARIAN

Kuat, brutal dan ganas, itulah kata-kata yang tepat untuk Barbarian. Salah satu hero yang punya power paling yahud dan strength diatas rata-rata, Barbarian merupakan pilihan ideal bagi para player yang gemar bertarung jarak dekat. Kembalinya Barbarian di seri ketiga ini memang bukan tanpa alasan, Blizzard punya pakem yang cukup signifikan untuk mengembangkan karakter ini. Gaya bertarung, kemampuan menguasai berbagai senjata berat serta kekuatan fisik yang mumpuni adalah kunci kembalinya salah satu hero kawakan ini, lihat saja saat Jay Wilson memperkenalkan Barbarian saat launching gameplay Diablo III.

Barbarian sendiri adalah murni pemilik kekuatan fisik, skill-skill yang pernah diperkenalkan layaknya leap attack, stun, whirlwind, shockwave merupakan salah satu faktor utama agar hero ini bisa maksimal dalam pertarungan jarak dekat serta skala besar, ditambah lagi dengan penguasaan berbagai macam senjata, Barbarian dibentuk menjadi mesin pembunuh yang sangat tangguh. Tak sedikit dari para gamers untuk menjatuhkan pilihannya kepada Barbarian sebagai penggila kekuatan. Bagi yang suka massive attack atau brute killing, hero Barbarian merupakan salah satu karakter yang cocok.



WITCH DOCTOR

Witch Doctor adalah karakter kedua setelah Barbarian, hero ini sebenarnya tidak asing bagi para player yang pernah memainkan Necromancer di seri Diablo II. Kemampuan vodoo seperti desease, poison, summoning dan terror sangat tidak jauh berbeda dengan kemampuan curse yang dimiliki oleh Necromancer. Tapi kenyataan memang berbicara lain, para fans besar Necromancer memang tidak sudi posisi sang maestro harus digeser dengan karakter ini, hal ini sempat menimbulkan perdebatan dan kontroversi dikalangan penggemar Diablo, Toh nyata-nyatanya para fans memang harus menerima juga tentang kehadiran karakter ini.  


Witch Doctor merupakan pengguna sihir, traditional magic seperti layaknya Wizard, sama-sama mengkonsumsi Mana dalam jumlah banyak, membuatnya diharuskan untuk meningkatkan kemampuan energy agar dapat mencast spell dalam waktu sesering mungkin. Berbeda dengan spell elemental Wizard, sihir yang digunakan Witch Doctor adalah status ailment, hero ini mampu men-cast berbagai macam status effect yang tentunya sangat merugikan musuh-musuhnya. Skill yang dimilikinya murni bukanlah effect partial damage seperti Wizard, melainkan perubahan status yang dimiliki oleh subject, seperti degenerasi, penurunan kemampuan fisik, pengurangan resistansi, dan sebagainya. Walau skill yang dimilikinya tidak sedahsyat Wizard, Witch Doctor merupakan karakter alternatif yang sangatlah penting, dimana hero ini mampu menjadi point support dalam melumpuhkan setiap lawan. Dalam mode MP atau LAN karakter ini paling banyak menjadi side-companion dalam menyelesaikan setiap quest. Bagi kalian yang suka menjadi support unit, Witch Doctor merupakan pilihan yang pas sebagai pemeran dibalik layar pertempuran.


WIZARD

Dengan kemampuan spellcaster dan menguasai berbagai macam elemental, Wizard adalah hero yang sangat efektif dalam pertempuran jarak jauh. Tak juga hanya jarak, kemampuan defensif yang dimiliki Wizard juga sangat berguna dalam pertempuran skala massal. Dalam background story-nya Blizzard sendiri menyatakan bahwa Wizard merupakan karakter yang memiliki ambisi besar, tujuannya dalam membasmi undead dan burning legions hanyalah untuk pengakuan dan jati diri, berbeda dengan Sorcerer yang memang mempunyai tujuan untuk menyelamatkan dunia dari cengkeraman sang Prime Evils.


 Wizard sendiri memiliki skill-skill yang tak kalah hebat dengan Sorcerer, beberapa penambahan skill yang dibuat merupakan daya tarik tersendiri bagi para player pengguna magic, diantaranya seperti Electrocute, Disintegration, Slowtime, Mirror Image. Walau bisa dibilang bukan hero sekelas lone-wolf. Wizard juga merupakan salah satu karakter yang memiliki kemampuan bertempur secara fleksible, yaitu dengan memanipulasi jarak dalam kondisi bertahan maupun menyerang, hal inilah yang membuat Wizard mampu bertarung dengan baik walaupun dalam keadaan sendirian. Dengan memanfaatkan area of effect pada setiap serangan yang dipakai, Wizard dapat menyerang secara berturut-turut tanpa harus sering menerima damage-cost yang besar dari musuh, jelas faktor lain player juga harus dituntut mahir dalam memainkan berbagai macam teknik spell yang akan dikuasainya. Bagi kalian yang nantinya senang bermain-main dengan api, es dan petir, Bersiaplah, karena Wizard hadir bukan hanya sekedar sihir.

 
MONK


Dikenal sebagai pemilik art of fighting, Monk hadir mengisi salah satu tempat di jajaran para heroes. Blizzard mengumumkan karakter keempat ini tidak lama setelah diperkenalkannya Wizard pada tahun 2009. Secara garis besar Monk adalah perpaduan antara 2 hero di masa lalu. Diciptakan mewarisi kebaikan dan jiwa yang religius mengingatkan kita pada sang kesatria suci yaitu, Paladin. Gaya bertarung dengan mengkonsentrasikan kekuatan tubuh dan pikiran, pastinya kita teringat dengan sesosok Assassin, the martial arts. Kedua dasar inilah yang akhirnya melahirkan karakter Monk di Diablo III.  
Punya segudang kekuatan fisik dan tenaga dalam, tak lantas Monk dikenal hanya bertarung dengan bermodalkan tangan kosong saja. Selain mahir menggunakan Battle staff sebagai senjata utama, senjata-senjata yang dikuasainya juga mewarisi salah satu dari class Assassin yaitu Katar, Claw serta Wrist Blade. Bicara soal implementasi skill, Blizzard sendiri cukup kreatif dalam mengembangkan skill-skill utama yang akan digunakan, tidak seperti Assassin yang menitik-beratkan pada kombinasi serangan ala charged-strike dan skill-acces lewat senjata tertentu, Monk memiliki banyak variasi serangan yang dapat digabung dengan beberapa gerakan lainnya. Diantaranya seperti Crippling Wave, Impenetration Defense, Fist of Sury dan Side-Strike. Pendek kata variant serangan tersebut dapat digabungkan layaknya combo-attacks seperti di game-game fighting.

DEMON HUNTER

Tercipta dengan konsep dark-hero, Demon Hunter membawa warna baru dikalangan para hero-hero lainnya, Blizzard memang cukup berani memberikan tawaran kepada publik tentang personal hero kelima ini, setelah konsep dark-hero sukses ditempati di Necromancer diserial sebelumnya, kini Diablo III menghadirkan Demon Hunter sebagai penggantinya. Tak kalah menariknya, senjata yang dipakai hero ini adalah dual-crossbow yang terbilang baru dalam dunia game RPG. Tentunya dengan skill-skill yang mendukung, Demon Hunter bisa menjadi hero pembunuh tercepat dalam menghabisi setiap musuh yang dihadapinya. Kecepatan, kelincahan, ketepatan serta haus darah adalah modal bagi pengguna hero ini. Bagi kalian yang menyukai hero range-class dengan sensasi ala the dark knight, Demon Hunter siap mendampingi kalian untuk berburu monster sepuasnya.



Setelah mengenal Karakter Hero yang ada di Gamr Diablo III, tentunya akan semakin membuat gatal tangan untuk segera memainkan game ini (terutama veteran diablo series). Semoga Blizzard tidak memundurkan lagi jadwal perilisan game ini yang dijadwalkan rilis Q2 2012.




BOX ART

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost