Jumat, 06 Januari 2012

BIOSHOCK INFINITE [PREVIEW]


Bioshock Infinite, yang menjadi lanjutan dari seri video game populer yang sudah lahir sejak 2007 ini, akan dirilis tahun depan. Ken Levine yang dulu menangani Bioshock pertama (yang digadang-gadangkan sebagai Bioshock tersukses) akan kembali mengambil alih Infinite.

Jika bertanya apa yang baru dari Infinite dan yang membedakannya dari Bioshock sebelumnya, jawabannya banyak. Infinite mengambil ‘wajah’ baru di sini, tidak lagi mengangkat nuansa gelap seperti prekuelnya. Kini installment ke 3 ini mulai tampil cerah. Dengan menampilkan suasana yang terang, berbagai aksi menarik, senjata yang cukup banyak, story yang menjanjikan, dan boss battle yang kelihatannya kokoh ini siap mengambil alih tahun 2012. Tidak harus menunggu sampai 2012 saja installment ini sudah menerima berbagai penghargaan. Mulai dari E3 2011 yang baru dilaksanakan di Los Angeles awal Juni lalu misalnya, Infinite mendapat 75 awards dari berbagai situs video game ternama. Beberapa diantaranya adalah Best of Show dari EGM, Eurogamer, Game Informer, Game Critics Awards, Gametrailers, IGN, Machinima, OXM, dan masih banyak lainnya. Bayangkan dari ratusan game yang dipamerkan dalam E3 cuma game yang baru akan dirilis 2012 ini yang meraihnya.

Berbeda dengan seri-seri sebelumnya yang menghadirkan sebuah petualangan di kota bawah laut, maka kali ini akan menghadirkan lokasi di sebuah kota di atas awan (kota melayang atau lebih dikenal dengan ‘Floating City’) dengan lingkungannya yang bermodel steampunk bernama Columbia. 
Dikisahkan, saat tahun 1912, pemerintah Amerika dengan bangga menawarkan konsep baru dalam pembangunan kota. Mereka membangun kota Columbia di atas awan.

Sayangnya, karena sebuah insiden, kota yang digadang-gadang bakal jadi kota masa depan ini hilang entah ke mana. Di saat Columbia telah hilang, ada orang yang ternyata mengetahui lokasi tepat kota di awan ini. Ia lantas menyewa mantan agen Pinkerton National Detective Agency bernama Booker DeWitt untuk mendatangi kota ini untuk mencari seorang wanita bernama Elizabeth yang konon diculik sejak ia masih anak-anak dan berada di Columbia sejak kota ini baru dibangun. Tugas Anda sebagai gamer adalah memerankan karakter Booker DeWitt dan menuntaskan misi yang dibebankan pada Anda.

Elizabeth sendiri bukanlah wanita sembarangan, ia adalah seorang gadis yang memiliki kekuatan yang hebat. Selain itu nantinya gamer juga akan dibantu oleh Elizabeth dengan kekuatan plasmid-nya.

Improvement paling dalam adalah gameplay. Kota Colombia memiliki banyak terdapat line seperti rel melayang bernamakan ‘Skyline’. Bukan kereta terbalik yang akan menggunakan skyline tersebut, melainkan orang . gamer dapat menggunakan Skyline untuk menjelajah beragam struktur di Columbia menggunakan semacam glider. Glide di sini tidak hanya sekedar untuk transportasi, tapi juga untuk combat. Melalui glide gamer  bisa melakukan berbagai aktrasi bebas, berkeliling untuk membuat musuh bingung, and then ‘Bamm,’ shot right in the face.

Ada beragam weapon, tapi yang lebih menarik justru superpower yang disebut Vigor: merebut weapon dari tangan musuh, atau menyetrum musuh. Vigor diperoleh dengan meminumnya dari botol, dan terbatas hingga beberapa kali serangan. Jumlah dan kekuatan serangan tergantung jenis Vigor. Beberapa yang terkuat berfungsi sangat terbatas, jadi gamer  harus pintar-pintar memilih menggunakan Vigor yang mana. Beberapa Vigor, dikombinasikan dengan power milik Elizabeth Booker, menghasilkan power baru yang lebih dahsyat, seperti electrobolt dan telekinesis. Tapi hati-hati, Vigor Elizabeth menguras nyawanya. Padahal menyelamatkan gadis muda itulah misi gamer  di Bioshock Infinite. Ada 3 passive ability yang harus dipilih sedari awal; tiap pilihan mempengaruhi cara gamer  bermain hingga akhir. Vigor juga dipengaruhi passive ability yang gamer  pilih.

Satu lagi dalam gameplay, Elizabeth akan membantu banyak sewaktu combat. Walau gamer  tidak mengendalikan Elizabeth, dia bakal bereaksi terhadap situasi dan tindakan gamer . Elizabeth mampu mengeluarkan suatu objek yang gamer inginkan. Sebagai contoh Elizabeth mampu mensummon sebuah gerobak yang memberi gamer cover tambahan, namun terlihat juga dalam demo bahwa Elizabeth tidak dapat menggunakannya terus-terusan, ada jeda beberapa saat untuknya mengisi power. Di sini gamer bebas menentukan bagaimana gamer mau bermain dalam Infinite, seperti dalam trailer ketika terdapat sebuah kapal udara, gamer bisa memilih untuk mengalahkannya dari bawah dengan menggunakan RPG atau gamer dapat menggunakan skyline untuk mencapai kapalnya sendiri dan menghancurkannya dari dalam. The Choices are yours!

Misi simpel, selamatkan Elizabeth dari Songbird dan bawa ia kembali ke New York. Sounds real simple, but looks hard to be done!





Titel: Bioshock Infinite
Genre: FPS
Developer: Irrational Games
Publisher: 2K Games
Designer: Ken Levine
Platform: PC, PS3, 360
Rilis: 2012
 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost